Halaman

Rabu, 08 Februari 2012

merkit komputer (pc)


Sebelum merakit sebuah PC pastikan peralatan sudah tersedia seperti obeng, dan buku manual panduan motherboard, agar dalam perakitan berjalan lancar hal yang harus diperhatikan adalah pasangkan peripheral pada tempatnya dengan benar karena jika terjadi kesalahan bisa berakibat patal.

Berikut ini langkah-langkah dalam merakit sebuah pc :

1. Ambil motherboard dan letakan ditempat yang aman, persiapkan buku manual motherboard dan baut motherboard agar lebih aman dalam proses pemasangan peripheral
2. pasangkan processor pada tempatnya (soketnya) perhatikan tanda pada processor harus ditemmpatkan dengan tanda yang ada pada soket tersebut (tidak boleh terbalik) lalu kuncilah tangkai pengunci yang ada pada sisi soketnya kemudian pasangkan pendingin diatasnya (PAN)
3. pasangkan ram pada tempatnya dengan hati-hati dan sesuai dengan lekuknya , apabila anda terbalik memasangnya, memori akan sulit dimasukan
4. masukan motherboard ke dalam casing dan pasang dengan pengait plastic yang telah tersedia atau dengan baut secara hati-hati.
5. pasangkan kabel khusus catu daya motherboard yang ada pada power supply
6. pasang hardisk, floppy, cd rom. Pada tempat yang telah tersdia dalam casing cpu. Dan kencangkan dudukannya dengan baut, untuk ram dan hardisk pastikan jumper terpasang dengan benar.
7. sambungkan kabel power supply ke slot power yang terdapat pada hardisk, ploffy, dan cd rom. Pastikan konektornya sudah dirancang pas dengan dudukan hardisk, floopy dan cd rom
8. sambungkan kabel pita (kabel data) pada hardisk, ploofy dan cd rom untuk menghubungkan ke motherboard dan biasanya kabel ploofy lebih kecil kabelnya, kabel berwarna merah harus ditempatkan pada kaki nomor satu.
9. sambungkan kabel dari floppy ke slot ploofy di motherboard dan dari hardisk ke slot ide nomor 1, dari cd rom ke slot ide nomor 2.
10. pasangkan vga card pada slotnya, tapi kalau vga onboard, tinggal mengatur dalam bios
11. pasangkan exspansi card pada slot pci atau isa contoh : lan card, sound card, tv tuner dll.
12. hubungkun konektor kabel pada penghubung tombol “reset” ke pin reset, “speaker” ke speaker dan yang lainnya pada motherboard.
13. pasangkan kabel data dari monitor ke slot di vga card , lalu pasangkan penutup casing.
14. pasangkan konektor keyboard, mouse dll
15. pasang kabel listrik ke bagian power supply yang ada pada casing cpu

selamat sekarang anda telah berhasil merakit sebuah pc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar